Cemburu

Image

Benarkah cemburu pertanda cinta ? semakin besar rasa cinta maka semakin besar dan membabi buta rasa cemburu ?? Selain pembenaran bahwa cemburu pertanda cinta, cemburu seringkali jadi pembenaran perilaku menyakiti.

 

Ada beberapa referensi arti kata dari cemburu yang saya dapatkan via internet.

English Wikipedia : jealousy adalah fikiran negative, rasa takut, dan kecemasan akan kehilangan sesuatu..

Dictionary.com : cemburu adalah ketakutan/ kecurigaan akan adanya ancaman, persaingan, ketidaksetiaan..

Kamus Besar Bahasa Indonesia : cemburu adalah keirihatian, kesirikan, kecurigaan, kekurang percayaan..

Kamus sinonim indonesia : cemburu adalah berprasangka, sirik, panas hati..

 

Adakah definisi cemburu sesuatu yang indah seperti tanda cinta atau takut kehilangan ?? Benarkah cemburu yang besar karena cinta yang begitu hebat ? cemburu bukan hanya merusak hubungan tapi bisa mematikan perasaan dan sebuah ikatan. Cemburu mungkin benar rasa takut, tapi bukan takut kehilangan tapi,…takut kehilangan pasangan yang sudah kita investasikan energi, waktu , perasaan, biaya, dsb kepadanya. Dengan kata lain, cemburu adalah takut merugi kehilangan semua nilai yang sudah pernah kita keluarkan. Tidak ada kaitan dengan cinta yang sejatinya menenangkan dan menyembuhkan.

 

Advertisements

4 thoughts on “Cemburu

  1. Menurut saya, mbak Irma, cemburu itu tetep mesti ada dlm cinta, just to keep it warm and sweet. Kalau sdh berlebihan… mungkin lebih tepat disebut curiga atau posesif ya?

  2. Nah, kayanya kalo cemburu yang aku maksud ditulisan ini kalo sudah jatuhnya membabi buta ya. Tidak mampu memlihat kondisi dan situasi, bahkan cenderung menyakiti dgn rasa cemburunya ya mba. Tapi benar yg mba blg juga, cemburu yang sewajarnya bisa jadi bumbu yg mengindahkan hubungan tapi jika sudah berlebihan ? huffttt….. menyesakkan kali ya mba 🙂
    makasiiih ya mba :-*

  3. Setuju dengan pendapat mbak Ruri. Kalau pasangan ga pernah cemburu gimana ya jadinya? hihihi.. Bisa dibilang cinta nggak ya mbak? Cemburu boleh asal ga lebay ya Mbak Irma..
    Blognya nambah lagi ya mbak?

    • cemburu boleh mba, tapi tidak membabi buta dan malah menyakiti…yg sewajarnya yg bikin cemburu ya cemburu. Tapi kalo berteman atau berinteraksi saja tdk boleh itu sudah tidak sehat 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s